Jumat, 17 Juli 2009

Property ? Apa Itu?

Property adalah hak memiliki sebidang tanah dan memanfaatkan apa saja yang ada di dalamnya. Di Indonesia pengertian ini merujuk pada hak-hak yang dapat dimiliki terhadap tanah dan bangunan di atasnya yang diatur oleh ketentuan-ketentuan mengenai pertanahan yang berlaku di Indonesia.

Sedangkan istilah yang sedang popular saat ini, yaitu Bisnis Property mengacu pada segala usaha yang dapat dilakukan terhadap hak atas tanah dan segala sesuatu yang berada di dalamnya sehingga dapat memberikan penghasilan bagi pemilik hak. Pengertian ini pada umumnya mengacu pada “sewa” atas property yang dimiliki oleh seseorang. Penghasilan sewa merupakan penghasilan utama dari terminology “bisnis property”.

Sewa adalah hal umum yang semua orang sudah tau. Namun yang istimewa dari sewa adalah tidak semua orang mendapatkan harga sewa atas propertynya pada harga yang terbaik. Mencari harga tertinggi dari property kita adalah suatu seni yang harus dipelajari dengan detail dan jeli. Pemilik property harus melakukan berbagai analisa dan kajian terhadap propery yang akan dia beli agar property itu memiliki “daya jual” yang tinggi. Analisa meliputi lokasi, target pasar dan ekspektasi penghasilan pasfi yang akan diterima.

Tujuan utama dari bisnis property adalah mendapatkan penghasilan pasif. Penghasilan pasfi adalah penghasilan yang kita terima tanpa adanya kerja yang berarti yang kita lakukan. Disini tujuan utamanya adalah “mempekerjakan” propery kita agar kita mendapatkan penghasilan pasif yang tinggi dari property kita.

Bisnis ini tidak semudah yang dibayangkan orang. Perlu perencanaan, manajemen dan evaluasi yang ketat dalam pengelolaannya. Selain itu diperlukan soeang pengelola yang disiplin, memahami pemasaran, dan memiliki pengetahuan dasar mengenai property baik dari sisi ketentuan hokum maupun dari sisi bangunan fisik.

Bisnis ini memang sudah berumur ribuan tahun dan telah banyak dilakukan oleh raja-raja dan bangsawan jaman dahulu di seluruh penjuru dunia. Bisnis ini terus berkembang sampai kapanpun dan tidak akan pernah mati. Setiap orang memiliki kesempatan untuk melakukan “bisnis raja-raja” ini, tidak terkecuali bagi mereka yang belum memiliki modal besar. Tips mendapatkan property dengan modal kecil akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Kejelian dan kecerdasan Anda memilih property akan menentukan besarnya penghasilan pasif yang akan Anda terima. Selamat berbisnis….

Tidak ada komentar: